Sistem transmisi
Sistem transmisi, dalam otomotif,
adalah sistem yang menjadi penghantar energidari mesin ke diferensial dan as.
Dengan memutar as, roda dapat berputar danmenggerakkan mobil.Transmisi diperlukan
karena mesin pembakaran yang umumnya digunakan dalammobil merupakan mesin
pembakaran internal yang menghasilkan putaran (rotasi) antara600 sampai 6000
rpm. Sedangkan, roda berputar pada kecepatan rotasi antara 0 sampai2500
rpm.Sekarang ini, terdapat dua sistem transmisi yang umum, yaitu transmisi
manualdan transmisi otomatis. Terdapat juga sistem-sistem transmisi yang
merupakan gabunganantara kedua sistem tersebut, namun ini merupakan
perkembangan terakhir yang barudapat ditemukan pada mobil-mobil berteknologi
tinggi dan merek-merek tertentu saja.Transmisi manual merupakan salah satu
jenis transmisi yang banyak dipergunakan dengan alasan perawatan yang
lebih mudah. Biasanya pada transimimanual terdiri dari 3 sampai dengan 7
speed.Transmisi semi otomatis adalah transmisi yang dapat membuat kita
dapatmerasakan sistem transmisi manual atau otomatis, bila kita sedang
menggunakan sistemtransmisi manual kita tidak perlu menginjak pedal kopling
karena pada sistem transmisiini pedal kopling sudah teratur secara
otomatis.Transmisi otomatis terdiri dari 3 bagian utama, yaitu : Torque
converter,Planetary gear unit, dan Hydraulic control unit. Torque converter
berfungsi sebagaikopling otomatis dan dapat memperbesar momen mesin. Sedangkan
Torque converter terdiri dari Pump impeller, Turbine runner, dan Stator.
Stator terletak diantara impeller dan turbine. Torque converter diisi
dengan ATF (Automatic Transmition Fluid). Momenmesin dipindahkan dengan adanya
aliran fluida
Tidak ada komentar:
Posting Komentar